Home > Tips > Mencari MP3 di Google

Mencari MP3 di Google

Mungkinkah ? jawabnya mungkin . Google sudah sedemikian canggih dalam pencarian data sehingga semua informasi di internet dapat kita cari dengan mudah .

Dengan bantuan operator pencarian Google , kita dapat dengan mudah mencari sebuah atau beberapa file MP3 di internet . Selanjutnya , terserah anda .

Pada prinsipnya , kita akan mencari string spesifik seperti mp3 , “index of”,”last modified”,”parent of” dan sebagainya . String tersebut merupakan string yang biasa kita jumpai pada sebuah Directory Listing di web server . Directory Listing adalah fitur dari web server yang dapat menampilkan isi sebuah direktori . Contohnya seperti di sini . Jadi sebenarnya kita akan mencari Directory Listing yang berisikan file file MP3 .

Sebenarnya ada beberapa cara untuk mencari file MP3 , tapi kita akan mencoba mengulas cara pencarian menggunakan trik Directory Listing karena merupakan cara paling umum digunakan saat ini dan hasilnya lumayan .

my_haz_runs di page-nya memberikan 3 format umum yang biasa digunakan dalam pencarian yaitu :

Type 1 : [Directory String] + (inurl:)[file type] + [mp3 name]
Type 2 : [Directory String] + (intitle:)[file type] + [mp3 name]
Type 3 : [Directory String] + [file type] + [mp3 name] + [limitors]

[Directory String] merupakan string spesifik yang biasa kita jumpai di awal list . Ada beberapa yang bisa digunakan seperti : “index of”,”last modified”,”parent of” .

(inurl) (intitle) : operator pencarian di Google . Kegunaannya dapat dibaca di sini

[file type] adalah jenis file yang akan kita cari . Direpresentasikan dalam format ekstensi dari file tersebut . Misalnya : MP3 , WMA , OGG dsb

[mp3 name] adalah nama file yang akan kita cari . Tidak perlu komplit . Cukup string tertentu saja yang kira kira unik dan terdapat dalam nama file yang akan kita cari . Jadi bisa berupa potongan nama lagu atau nama artisnya . Misalnya : “Radiohead” , “Kokoro no tomo”, dsb

[limitors] digunakan untuk menyaring result yang kita inginkan dari page yang tidak diharapkan . Karena biasanya directory listing ini adalah sebuah direktori alias tidak ada ekstensi maka kita harus menyaring result yang memiliki ekstensi umum seperti html , php , htm , asp dan sebagainya .

Enough with theory , now its time to practice . Kita akan mencoba mencari file MP3 dari band yang lagi ngepop , Fort Minor . String pencariannya adalah :

“index of” + “mp3″ + “fort minor” -html -htm -php

Query tersebut memberikan hasil yang lumayan akurat , salah satunya adalah ini . Jika kita explore , di link tersebut memang ada satu file MP3 dengan artis Fort Minor .

Lalu bagaimana jika kita ingin mendapatkan kumpulan MP3 dari seorang artis saja , misalnya Fatboy Slim . Gampang ! gunakan saja operator inurl , misalnya inurl:”fatboy” akan memberikan result dimana URL-nya terdapat string “fatboy” seperti url berikut : http://www.mp3ster.ru/mp3/mp3_1/F/Fatboy%2520Slim/ . Query lengkapnya adalah :

index of” + “mp3″ + inurl:”Fatboy” -html -htm -php

Beberapa hasil pencarian mungkin sudah invalid sehingga tidak bisa bisa diakses lagi . Bagaimana mensiasatinya ?? gampang ! setiap file di direktori memiliki timestamp yang menunjukkan kapan terakhir file diupload . Tinggal kita tambahkan saja string timestamp untuk memperbaiki hasil pencarian . Di kasus pencarian Fatboy , sebenarnya saya juga mengalami kendala mendapatkan hasil yang valid krn sebagian besar sudah invalid . Tapi setelah trik “timestamp” ini ditambahkan .. walaa.. didapat beberapa direktori yang khusus untuk menyimpan MP3 dari Fatboy Slim . Querynya seperti ini

index of” + “mp3″ + “2005″ + inurl:”Fatboy” -html -htm -php

Dapat dilihat saya menambahkan angka 2005 sebagai penunjuk bahwa saya menginginkan hasil terbaru yaitu file yang memiliki timestamp tahun 2005 . Tanggal dan bulan bisa juga digunakan asal kita tahu formatnya .

Setelah memahami konsep pencarian file MP3 dengan Google tentunya tidak akan sulit jika ingin mencari file lainnya seperti e-book , jpeg pictures , movies , camera . Semua ada jika kita tahu caranya D .

Semoga Bermanfaat….. :-p

<<<<< Indohack Crew >>>>>

^PoPeYe^

Categories: Tips
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: