Home > Kesehatan > Merawat Gigi

Merawat Gigi

Gigi perlu mendapat perhatian seperti organ lain pada tubuh manusia. Menjaga kesehatan gigi salah satu pangkal hidup sehat. Perlu anda ketahui, gigi rusak dapat menimbulkan macam-macam penyakit, seperti kanker, jantung, reumatik, eksim, migraine, sampai kelainan pada otak dan paru-paru. Karena bermacam bakteri dapat masuk melalui gigi yang rusak atau berlobang, dan akhirnya menyebabkan infeksi pada akar-akar gigi yang bisa menimbulkan penyakit-penyakit lain.

Gigi yang sudah tidak terawatt dapat dicabut atau dibersihkan akarnya agar tidak menjadi sumber infeksi. Drg. Goeno Subagyo, Sp PM, dokter gigi dari RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, mengatakan, akar gigi yang sudah membusuk dan menjadi sumber infeksi sebaiknya dicabut. Karena jika tidak, infeksi akan menyebar ke organ lain, seperti jantung, mata, dan ginjal, yang disebut endokarditis. “Ini ditandai dengan gejala kondisi pasien yang menurun, gigi terasa sakit, dan setelah diobati sakitnya mereda. Tapi dapat sakit lagi, itu yang harus diwaspadai,” ujarnya.

Apabila gigi Anda tidak ingin dicabut, ada perawatan saluran akar gigi. Setelah gigi dibersihkan, saluran gigi disterilkan. “Setelah steril, saluran gigi diisi dengan bahan pengisi saluran gigi agar tidak terdapat kuman yang dapat merusak akar gigi,” katanya lagi.

Goeno mengurai lebih lanjut, di usia paruh baya, bagi Anda yang giginya telah dicabut bisa dilakukan implant atau menanam gigi tiruan di bekas gigi asli yang telah dicabut. Adanya paradigma lama yang mengatakan setiap akar gigi sebaiknya dicabut karena mengganggu pembuatan gigi tiruan, di masa dating akan berubah cepat. Akar gigi dapat dirawat kembali dengan tidak mengubah maksud dan tujuan untuk memperindah gigi.

Namun, sebaik apapun teknologi penyembuhan, akan lebih baik lagi bila Anda merawat serta mencegah gigi agar tidak terinfeksi. Drg. Goeno Subagyo, Sp PM, memberi saran, apabila gigi Anda sudah memiliki tanda ada makanan terselip yang tidak seperti biasanya, sebaiknya diperiksakan ke dokter.

Categories: Kesehatan
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: